Kumpulan Nama Bayi Laki-laki dan Artinya

Memilih nama untuk bayi tidak semudah yang dibayangkan. Nama bayi biasanya dilatarbelakangi oleh banyak hal. Mulai dari agama, suku, kebiasaan, bahkan isu apa yang lagi populer saat itu. Di akhir tahun 80-an, nama bayi laki-laki kebarat-baratan yang sedang populer saat itu adalah Keven. Maka berbondong-bondong orang tua saat itu memberikan nama bayinya dengan Keven, Kevin, atau bentuk lainnya.


Di tahun 2020 ini, nama bayi laki-laki populer sudah bergeser, tentu bukan Keven lagi. Tahun-tahun ini di Indonesia banyak sekali orang yang terpengaruh dengan tren hijrah. Maka kebanyakan nama anak-anak mereka bernuansa Islami namun dicampur dengan keunikan yang mereka buat sendiri. Seperti nama Abiyu, Kinza, dan Rafathar—kesannya bukan nama Islami, namun nama Islami. Nama-nama tersebut jarang digunakan oleh orang Arab zaman dulu.

Berikut ini adalah beberapa nama bayi laki-laki populer yang bisa menjadi inspirasi untuk memberikan nama anakmu.

Rayaan

Rayaan adalah salah satu nama populer yang diambil dari Bahasa Arab, yang memiliki arti lelaki yang pintar. Rayaan ini cukup sering dijumpai di beberapa orang tua yang berlatar belakang Islami.

Noah

Alih-alih terlihat kebarat-baratan, nama Noah sendiri ini sebenarnya diambil dari salah satu nama Nabi, yaitu Nabi Nuh. Noah sendiri adalah bentuk nama yang sudah diadobsi dalam Bahasa Inggris. Nama Noah sendiri ini juga menjadi salah satu nama anak dari artis kenamaan di Indonesia.

Zayn

Nama ini sudah dikenal sejak dulu kala. Zayn berasal dari Bahasa Arab yang artinya indah atau cakep. Nama Zayn sendiri banyak memiliki bentuk penulisan dan kolaborasi dengan kata lainnya. Seperti nama Zainuddin yang merupakan nama salah satu ustadz kondang zaman dulu. Zainuddin sendiri memiliki arti bagus dalam beragama.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan Zayn ini digunakan oleh salah satu artis luar negeri, yaitu Zayn Malik. Bagi kamu yang ingin menggunakan nama Zayn ini, kamu bisa memberikan sedikit modifikasi misal menggantinya dengan Zaen atau Zaeen.

Keenan

Selain ketiga nama di atas, nama Keenan juga sering didengar. Sekilah nama Keenan ini seperti berasal dari Bahasa Arab. Namun, faktanya Keenan ini diambil dari Bahasa Irlandia yang memiliki arti lelaki yang pemberani.

Jika kamu ingin memberi anakmu dengan nama bayi laki-laki yang memiliki arti pemberani, namun tidak ingin menggunakan nama Keenan, kamu bisa menggunakan alternatif dari bahasa lainnya, seperti Asad (Singa dari Bahasa Arab), Aslan (Singa dari Bahasa Turki), Bravian (Pemberani serapan modifikasi dari Bahasa Inggris), dan Suropati (Berani dengan Kematian dari Bahasa Jawa).

Zack

Nama Zack juga bisa menjadi alternatif nama bayi laki-laki yang keren. Zack sendiri merupakan nama bernuansa Ibrani. Diserap juga oleh Bahasa Arab dengan bentuk Zakaria.

Nama Zack ini adalah salah satu nama Nabi dari Bani Israel yang lama sekali tidak mempunyai anak. Karena kejadian Nabi Zack ini melihat Maryam yang mendapatkan makanan dari langit, maka Nabi Zack berdoa kepada Alloh. Kemudian Alloh mengkaruniakan anak kepadanya dengan namanya sekaligus yaitu Yahya. Yahya ini dalam bahasa Ibrani dikenal dengan Yohanes atau John.

Itulah beberapa kumpulan nama keren dan populer untuk bayi laki-laki. Kamu bisa mencari nama bayi laki-laki keren lainnya dengan bantuan website http://cekartinama.com/. Di sana kamu bisa menentukan nama apa yang kamu ambil berdasarkan abjadnya.


Mengapa CekArtiNama.com memberikan fitur pencarian berdasarkan abjad? Karena memang biasanya orang tua sudah mempunyai rencana bayinya akan diberi nama dengan awalan huruf apa, namun masih bingung nama yang pas apa. Saya pun juga melakukan hal yang seperti itu saat memilih nama untuk bayi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar