Manfaat Menggosok Gigi bagi Anak-anak

Anak kecil sangat susah sekali saat diajak untuk menggosok gigi. Apalagi jika anak masih berusia di bawah 5 tahun, pasti ada saja ulahnya untuk tidak mau menggosok gigi. Sebagai orang tua, kamu tidak boleh menyerah begitu saja. Semakin kamu menyerah, maka anak tidak akan pernah mau menggosok gigi hingga besar nanti. Dan ini sangat bahaya bagi giginya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat menggosok gigi bagi anak-anak. Dengan memahami manfaat berikut, semoga kamu semakin semangat untuk mengajak anak gosok gigi meskipun mereka bakalan menangis.

Agar Gigi Tidak Cepat Karies

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari menggosok gigi secara teratur adalah agar gigi anak tidak cepat karies. Bagi kamu yang sering melihat gigi anak orang lain karies padahal mereka masih umur 3 tahun, hal ini disebabkan karena jarangnya gosok gigi. Meskipun masih ada kemungkinan anak tersebut kekurangan kalsium efek nutrisi makanannya selama ini.

Menghindari Sakit Gigi

Manfaat lainnya adalah agar menghindari sakit gigi. Sakit gigi pada anak kecil sering kali terjadi karena anak kecil suka sekali makan makanan yang manis. Tak hanya itu, sisa makanan sering kali juga menjadi penyebab sakit gigi.

Jika anak sudah sakit gigi, ini akan mengganggu tidurnya. Tak hanya dia yang tidak bisa tidur, kamu juga akan terganggu dengan anak yang terus menangis karena menahan sakitnya sakit gigi. Jika sudah seperti ini, terlambat sudah. Yang bisa dilakukan hanya ke dokter gigi untuk dicek penyebabnya. Bisa jadi karena gigi berlubang. Untuk mengajak anak ke dokter gigi ini juga perlu perjuangan loh. Banyak anak yang takut ke dokter gigi.

Makin repot kan kalau sudah sakit gigi? Nah, sebelum itu terjadi, kamu harus melakukan tindakan preventif, yaitu rajin menggosok gigi anakmu.

Agar Tidak Bau Mulut

Meskipun normalnya bau mulut anak kecil tidak bau-bau amat. Namun jika agak besaran dikit dan giginya sudah banyak, maka bau mulut anak tersebut akan mulai mengganggu. Kamu tentu tidak mau kan anakmu bau mulut. Bau mulut ini juga menyebabkan dia dijauhi oleh teman-temannya. Siapa juga yang mau bermain dengan anak yang bau mulutnya mengganggu.

Mengajarkan Kedisiplinan

Menggosok gigi juga bisa mengajarkan anak untuk disiplin. Pasalnya menggosok gigi selalu dilakukan saat pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Anak kecil biasanya susah sekali disuruh gosok gigi saat malam hari sebelum tidur. Alasannya adalah karena mengantuk. Dengan menggosok gigi anak akan diajarkan disiplin walaupun dia sudah mengantuk.

Jika memang terpaksa anaknya ngantuk banget, kamu bisa membantunya menggosok gigi sambil anak tersebut tiduran. Sebisa mungkin untuk tetap menggosok gigi anak dalam keadaan apapun. Karena jika sudah terlanjur tidak menggosok gigi, biasanya akan keterusan hingga besok-besoknya.

Meningkatkan Percaya Diri

Anak yang rajin menggosok gigi setiap hari, dia akan merasa percaya diri. Mengapa bisa begitu? Dia percaya diri karena mulutnya tidak bau. Selain itu, dia akan merasa dia lebih keren dari teman-temannya karena punya gigi yang terjaga.

Tak hanya itu, kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dengan memberikan pujian dan reward jika anak menggosok gigi secara konsisten selama 1 bulan. Anak dijamin pasti semangat untuk menggosok giginya.

Itulah beberapa manfaat menggosok gigi yang bisa anak dapatkan. Dengan memahami manfaat-manfaat tersebut, apakah kamu sudah mulai bersemangat untuk mengajak anak menggosok gigi secara teratur?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar