Tugu Khatulistiwa, Wisata Pontianak yang Tidak Boleh Terlewatkan

Pontianak merupakan salah satu daerah yang dilintasi oleh garis khatulistiwa, ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat ini memang sering menjadi pilihan. Ada begitu banyak wisata Pontianak yang bisa dijadikan sebagai pilihan ketika mengunjungi daerah ini contohnya saja seperti Museum Negeri Sejarah Budaya Khas, Keraton Kadriah, Masjid Jami Pontianak, hingga Kampung Wisata Kuantan.  

Namun, salah satu wisata yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Tugu Khatulistiwa. Kota Pontianak memang memiliki julukan sebagai Kota Khatulistiwa, hal ini disebabkan karena adanya Tugu Khatulistiwa yang menjadi icon dari daerah ini, bahkan juga menjadi tujuan wisatawan.

Wisata Pontianak, dengan Icon Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa merupakan icon dari Pontianak serta menjadi tujuan wisata. Tugu Khatulistiwa berlokasi di Siantan, Pontianak Utara, Kalimantan barat. Tugu Khatulistiwa juga sering disebut Equator Monument. Bangunan tugu terdiri atas 4 tonggak kayu dengan diameter 0,30 meter, serta tinggi 3.05 meter.

Tonggak yang berada di bagian belakang tempat lingkaran serta anak panah mempunyai tinggi 4.40 meter. Sedangkan pada bagian tengah memiliki tulisan EVENAAR yang memiliki arti khatulistiwa. Pada bagian anak panah juga terdapat plat yang menunjukkan lokasi berdirinya tugu ini di garis bujur timur.

Pada Tugu Khatulistiwa ini terjadi titik kulminasi matahari. Titik tersebut berlangsung saat matahari berada di garis khatulistiwa sehingga matahari berada di atas kepala tepat serta menghilangkan bayangan benda-benda yang ada di permukaan bumi. Ketika hal ini terjadi bayangan yang berada di sekitar tugu akan menghilang beberapa detik ketika terkena sinar matahari. Biasanya hal ini terjadi di tanggal 21 Maret hingga 23 Maret serta 21 September hingga 23 September. 

Sebenarnya, untuk mengunjungi Tugu Khatulistiwa ini, Anda tidak perlu membayar biaya sepeserpun, tetapi jika ingin memperoleh sertifikat sebagai bukti kunjungan, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 10 ribuan saja. Untuk menjangkau wisata Pontianak ini cukup mudah, karena jaraknya hanya 3 km dari pusat kota, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum. 

Karena wisata ini berupa tugu, tentu saja tidak ada fasilitas umum yang bisa Anda temukan di sini, namun tidak jauh dari tempat ini terdapat warung-warung makan yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk mengisi perut kosong, selain itu bila Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pontianak, tidak jauh dari Tugu Khatulistiwa juga terdapat penginapan.

HARRIS Hotel, Pilihan Akomodasi Terbaik Saat Mengunjungi Pontianak

HARRIS Hotel merupakan salah satu pilihan akomodasi penginapan berkelas ketika Anda berwisata ke Pontianak. HARRIS Hotel bukan hanya cocok bagi traveler yang mempertimbangkan budget liburan namun juga kenyamanan saat menginap. Bahkan, HARRIS Hotel Pontianak juga menjadi akomodasi yang pas bagi Anda yang ingin berwisata romantis bersama dengan pasangan. 

Berlokasi di Jalan Gajahmada 20, Pontianak, HARRIS Hotel memiliki lokasi yang tidak begitu jauh dari Tugu Khatulistiwa. Berbagai fasilitas layaknya hotel berbintang pun disediakan oleh manajemen HARRIS Hotel Pontianak seperti restoran, kolam renang, tempat parkir yang luas hingga akses internet tanpa kabel di seluruh area HARRIS Hotel.

Fasilitas yang disediakan di setiap kamar pun juga lengkap seperti mesin pembuat teh atau kopi, kamar mandi pribadi, akses internet gratis, bed yang nyaman, handuk dan alat mandi, kulkas, pengering rambut, TV, meja, hingga brankas kamar. Seluruh fasilitas disediakan oleh pihak manajemen untuk mendukung kenyamanan Anda selama bermalam di HARRIS Hotel. Jadi, ketika mengunjungi wisata Pontianak, selalu pilih HARRIS Hotel Pontianak sebagai rujukan akomodasi penginapan Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar