Bukan Hanya Keramas, Ini Dia Urutan Hair Care di Rumah yang Benar

Urutan hair care menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika sedang melakukan kegiatan perawatan rambut. Mempunyai rambut yang tergerai dan indah alami tentu saja bukan menjadi hal mudah.


Agar bisa memiliki rambut yang sehat, dibutuhkan usaha serta kesabaran. Sebenarnya, perawatan rambut tidak melulu harus pergi ke salon kecantikan. Nyatanya, Anda bisa melakukan hair care sendiri di rumah.

Berikut urutan perawatan rambut yang bisa dilakukan di rumah dengan benar.

Menyisir Rambut Sebelum Keramas

Sebelum melakukan aktivitas mencuci rambut, lebih baik Anda membiasakan diri untuk menyisir rambut. Menyisir rambut bisa mengurai kusut rambut sesudah menjalani berbagai aktivitas. Bukan hanya itu, menyisir rambut dapat melancarkan peredaran darah di kepala sehingga bisa merangsang produksi minyak rambut.

Agar tidak terjadi kerontokan, pilih sisir yang memiliki gigi jarang. Sisir dengan gigi jarang juga dapat mengurangi risiko batang rambut terkikis gerigi. Selain itu, Anda juga bisa memilih sisir yang mempunyai bantalan sehingga dapat mengurangi tekanan yang berada di akar rambut.

Pastikan Memilih Shampo dengan Tepat

Melakukan urutan hair care juga harus diimbangi dengan pemilihan shampo yang tepat. Produsen perawatan rambut sekarang ini begitu banyak dan memproduksi berbagai macam shampo. Hal ini sudah pasti mempunyai tujuan khusus. 

Terdapat shampo yang digunakan khusus untuk rambut rontok, rambut berketombe hingga rambut yang bersinar dan halus. Agar bisa memilih shampo dengan benar, Anda harus mengetahui terlebih dulu keluhan dan jenis rambut yang Anda miliki. Bila rambut Anda kering, namun menggunakan shampo khusus kerontokan rambut, tentu saja tidak akan bisa mengatasi masalah Anda. 

Keramas dengan Baik

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui dengan baik langkah mencuci rambut dengan benar. Bahkan, tanpa disadari terkadang wanita melakukan kesalahan ketika mencuci rambut. Berikut urutan keramas yang tepat:

1. Basahi rambut dengan menggunakan air hangat

Membasahi rambut dengan menggunakan air hangat dilakukan agar bisa membuka pori kulit, sehingga nantinya nutrisi yang berada di shampo bisa terserap dengan baik. Basahi rambut agar shampo bisa menghasilkan busa untuk menghilangkan kotoran.

2. Tuang shampo di tangan

Hindari menuangkan shampo langsung ke atas kepala. Lebih baik Anda menuang shampo ke tangan terlebih dahulu kemudian gosok hingga berbusa dan oleskan di kepala. 

Setelah itu baru pijat rambut dengan sangat lembut. Pijat dengan menggunakan ujung jari. Pemijatan ini dilakukan agar bisa melancarkan peredaran darah dan mengangkat lemak yang tertempel di kulit kepala.

3. Bilas menggunakan air dingin

Bila membasahi rambut dengan menggunakan air hangat, pembilasan harus dilakukan dengan menggunakan air dingin. Jangan sampai terdapat bagian yang terlewatkan. Sisa shampo yang tertinggal bisa menyebabkan gatal pada kulit kepala.

Penggunaan air dingin dilakukan agar kulit kepala bisa lebih segar, sehingga rambut bisa bersinar ketika Anda membilasnya menggunakan air dingin.

Gunakan Conditioner dan Serum

Penggunaan conditioner serta serum bisa menutrisi dan melembutkan rambut Anda. Untuk penggunaan conditioner, Anda bisa menggunakannya selama 3 hingga 4 menit kemudian bilas. Hindari membilas conditioner hingga bersih, karena conditioner harus menempel tipis.

Selain conditioner, Anda juga harus menggunakan serum. Kandungan serum nantinya akan mengganti hilangnya protein rambut yang disebabkan oleh pemanasan alat ketika menata rambut.

Melakukan urutan hair care ini harus dilakukan dengan teratu, sehingga nantinya manfaat yang akan diperoleh rambut bisa lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar