Tips Mencari Artikel Kesehatan Terpecaya

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, menemukan artikel kesehatan yang berisi berbagai macam informasi yang berkaitan dengan dunia kesehatan bukan menjadi hal yang sulit. Berbagai macam situs disajikan dan bisa dipilih dengan mudah. 

Bahkan, ketika kita merasakan tidak enak badan atau mengalami gejala tertentu, kita akan langsung mencarinya di internet. Namun, meskipun mudah untuk dicari, kita tidak boleh mencari informasi kesehatan dengan sembarangan. 

Tidak jarang ditemukan situs dengan artikel-artikel yang menyesatkan, seperti memberikan informasi kandungan makanan yang tidak sesuai, informasi pengobatan yang terkesan “ngawur” dan masih banyak lagi. 

Tips Mencari Artikel Kesehatan

Ketika mencari informasi kesehatan, kamu harus jeli memilih dan mencari informasi yang sesuai. Agar tidak mendapatkan informasi kesehatan yang menyesatkan, berikut beberapa tips mencari artikel yang berkaitan dengan kesehatan, antara lain:

1. Pilih situs yang terpecaya

Ditunjang dengan kemudahan pembuatan website hingga menulis informasi di internet, semua orang dapat menulis berbagai macam hal sesuai keinginan, tentu saja hal ini juga diiringi dengan dampak negatif, karena banyaknya situs yang memberikan informasi kesehatan tidak valid.

Kekeliruan informasi kesehatan ini bahkan dapat menimbulkan kesalahan persepsi untuk pembacanya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mencari informasi kesehatan dari situs yang terpecaya. 

Kamu bisa memilih situs yang memang khusus membahas berbagai macam hal mengenaik kesehatan, dan turunannya seperti gaya hidup sehat, hingga obat-obatan. 

2. Cek penulis artikel

Selain memilih situs yang terpecaya, kamu juga harus mengecek siapa yang menulis artikel tersebut. Karena berkaitan dengan kesehatan, tentu saja penulis artikel harus merupakan penulis yang profesional.

Setelah ditulis oleh penulis yang profesional, artikel tersebut juga harus melalui peninjauan oleh dokter yang bersangkutan. Contohnya saja ketika membahas mengenai penyakit asam lambung, artikel tersebut harus melalui peninjauan dokter penyakit dalam, sehingga informasi yang diberikan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. 

3. Cek sumber informasi artikel

Khusus untuk artikel kesehatan, tentu saja artikel harus menyertakan sumber, jangan sampai membaca artikel yang tidak memiliki referensi atau sumber rujukan yang terpecaya. Atau, artikel hanya berdasarkan pada pengetahuan penulis tanpa meninjau sumber yang berkaitan. 

Perlu diketahui, informasi mengenai kesehatan adalah ilmu pasti dan harus memiliki sumber rujukan yang valid. Oleh sebab itu hindari membaca artikel yang tidak memiliki sumbe rujukan yang jelas. 

4. Informasi yang disajikan terkini

Perkembangan yang berada di dunia kesehatan mengalami perubahan yang begitu cepat, informasi yang ditulis tahun lalu, bisa saja berbeda dengan sekarang. Oleh sebab itu ketika mencari informasi kesehatan, pastikan kamu membaca informasi terkini.

Contohnya saja seperti virus corona, informasi yang disajikan tahun lalu, tentu saja berbeda dengan saat ini, mulai dari gejala penyakit, penanganan hingga pencegahan. 

5. Hindari mendiagnosis diri sendiri

Meskipun kamu sudah mencari rujukan artikel yang terpecaya, hindari langsung mendiagnosis diri sendiri, atau melakukan pemesanan obat sesuai dengan diagnosis diri sendiri. Melakukan diagnosa tanpa melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter dapat menimbulkan efek yang lebih berbahaya.

Contohnya saja, kamu mengalami nyeri dada di sebelah kiri. Ketika mencari rujukan informasi, hasil rujukan akan muncul penyakit seperti jantung. Pasti kamu akan sangat cemas bukan, padahal nyeri ini bisa disebabkan karena nyeri otot hingga kenaikan asam lambung. Jadi, jangan mendiagnosis diri sendiri, ya. 

Mencari informasi kesehatan memang gampang-gampang sulit, namun salah satu rujukan situs untuk mencari informasi kesehatan yang valid adalah SehatQ.com. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam informasi mulai dari obat gatal kulit hingga informasi yang berhubungan dengan gaya hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar