Tips Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

Musim hujan sebentar lagi datang. Sering kali yang menjadi dilema saat musim hujan adalah kehujanan. Efeknya tentu saja ke banyak hal, mulai dari baju, celana, tas, hingga sepatu. Bagi kamu yang hidup di Indonesia, punya minimal dua sepatu itu sudah menjadi keharusan. Mungkin 4 sepatu agar menjadi backup saat kehujanan. Bagi kamu yang memang cuma punya 2 sepatu, kamu harus tahu cara untuk mengeringkan sepatu dengan cepat, agar sepatu besok bisa digunakan jika seandainya sepatu yang satunya juga kehujanan.

Bagaimana sih cara mengeringkan sepatu dengan cepat? Berikut ini adalah tipsnya.

Jika Sepatu Bercampur Lumpur atau Kotor, Cuci Sepatu Dahulu

Untuk beberapa sepatu yang berbahan kulit dan suede tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci yah, harus dilakukan pencucian dengan tangan kosong. Namun, untuk sepatu berbahan kanvas, nilon, katun, polyester masih bisa.

Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

Jika sepatu sudah kondisi bersih dari noda, kamu bisa mulai mengeringkannya dengan berbagai metode.

Menggunakan Mesin Cuci

Beberapa orang menggunakan mesin cuci untuk mengeringkan sepatu. Hanya saja cara ini tidak bisa diterapkan untuk semua jenis sepatu. Ada beberapa jenis yang dilarang pengeringan menggunakan mesin cuci.

Menggunakan Kipas Angin

Cara ini cukup banyak dilakukan oleh orang-orang. Saya sendiri juga termasuk orang yang mengeringkan sepatu dengan cara menggantungnya dan dihadapkan ke kipas angin. Cukup efektif memang. Jika kamu mengeringkan malam hari, paginya lumayan kering. Apalagi jika kamu mengeringkannya siang hari, biasanya akan lebih cepat kering karena dibantu dengan suhu siang hari yang cukup panas. Namun, jika siang hari, lebih enak langsung jemur saja yah di luar. Lebih cepat kering tentunya. Hmm, tapi kan kalau sepatunya mahal, bisa dicuri orang. Ya jemur di tempat yang aman lah.

Menggunakan Bola-bola Koran

Mengeringkan sepatu yang paling susah adalah mengeringkan bagian dalamnya. Kalau bagian luar, relatif mudah kering. Cara yang cukup efektif adalah dengan membuat bola-bola dari koran bekas.

Buatlah bola-bola dari koran bekas, lalu masukkan ke dalam sepatu yang basah. Namun, sebelum memasukkan bola-bola koran bekas tersebut dalam sepatu, kamu harus mengeluarkan alas kaki sepatumu terlebih dulu. Alas kaki dikeringkan terpisah agar cepat kering. Jika sepatumu memiliki tali sepatu, longgarkan tali sepatunya, atau paling enak bisa kamu copot dan keringkan secara terpisah.

Selanjutnya, usahakan masukkan bola-bola tersebut hingga sepatu sesak dan penuh dengan bola-bola koran tersebut. Biar beberapa jam hingga bola-bola tersebut menjadi basah karena air dari sepatu tadi pindah ke bola-bola koran.

Lakukan hal itu beberapa kali hingga sepatu menjadi kering. Jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan menaruhkan di dekat lampu. Bagaimana pun lampu juga memberikan radiasi panas yang cukup mempercepat proses pengeringan.

Gabungan Beberapa Metode Pengeringan

Jika kamu ingin lebih cepat lagi adalah dengan menggabungkan beberapa metode pengeringan. Kamu bisa memasukkan bola-bola koran, mendekatkannya dengan lampu, serta dikipas. Cara ini akan lebih mudah kering dalam waktu cepat.

Setelah sepatu kamu kering, hindari menaruhnya di tempat yang lembab agar sepatumu tidak bau. Kamu bisa menggunakan hidrogen absorber jika kamu ingin menaruhnya di tempat tertutup.

Itulah beberapa metode tips mengeringkan sepatu dengan cepat terutama saat musim hujan. Kamu bisa mencobanya sendiri dan buktikan hasilnya. Jika kamu punya tips yang lebih ampuh dari tips di atas, jangan lupa kasih tahu yah di kolom komentar. Tips kamu bakal berguna bagi banyak orang yang membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar