Manfaat Periksa Gigi Secara Berkala

Gigi adalah organ tubuh yang sering kali menjadi masalah bagi beberapa orang. Entah itu mulai dari gigi berlubang, karang gigi, gigi patah sebagian, atau gusi bengkak karena berbagai hal.

Ada memang perawatan gigi yang dilakukan setiap hari, misal sikat gigi sebelum tidur dan sesudah makan sarapan. Di sisi lain, pengurangan makan makanan manis dan asam juga berpengaruh pada kesehatan gigi. Namun, meskipun kamu sudah melakukan perawatan gigi setiap hari, tetap saja terkadang ada karang gigi atau gigi berlubang yang mengganggu. Salah satu efek dari karang gigi adalah bau nafas yang tidak sedap. Gigi berlubang pun juga begitu, bisa membuat nafas tidak sedap dan sering kali ngilu saat makan atau lubangnya kemasukkan makanan.

Menurut anjuran Kementrian Kesehatan, periksa gigi yang paling bagus adalah 6 bulan sekali. Pemeriksaan gigi secara berkala 6 bulan sekali ini bisa mendeteksi gigi berlubang agar lubangnya tidak terlalu parang dan membuat radang. Tak hanya itu, dengan periksa gigi secara berkala kamu bisa membersihkan karang gigi sehingga tidak sampai membuat nafas tidak sedap.

Manfaat Periksa Gigi 6 Bulan Sekali

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan periksa gigi 6 bulan sekali, antara lain:

  1. Dokter bisa memberitahumu mengenai masalah pada rongga mulutmu lebih awal dan memberikan solusinya. Pencegahan awal akan menghindari biaya perawatan yang besar jika sudah parah.
  2. Gejala kanker yang akan timbul pada gigi dan gusi akan lebih mudah terdeteksi. Tentu saja jika kanker masih stadium awal, lebih mudah dijinakkan dan diobati.
  3. Menghindari sakit gigi yang muncul tiba-tiba. Jika dilakukan perawatan secara berkala, maka kamu tidak perlu khawatir dengan serangan sakit gigi yang tiba-tiba. Sakit gigi ini biasanya muncul jika sudah parah kondisi kerusakan pada giginya.

Periksa Gigi, Baiknya ke Mana?

Jika kamu merasa kurang nyaman ke dokter gigi yang ada di rumah sakit, kamu bisa periksa gigi ke klinik. Salah satu klinik gigi terbaik di Jogja adalah Opal Dental.

Klinik gigi Yogyakarta yang satu ini menyediakan beberapa layanan perawatan gigi, antara lain:

  1. Behel gigi
  2. Cosmetic dentistry
  3. Estetik dan restorasi
  4. Implan dan gigi tiruan
  5. Checkup dan pembersihan
  6. Bedah
  7. Gigi Anak
  8. Clear aligner

Dari layanan yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa tahu bahwa Opal Dental Indonesia ini bukan klinik yang kecil yah. Mengapa saya bilang begitu? Karena Opal Dental juga membuka layanan bedah gigi. Di klinik kecil biasanya tidak ada layanan bedah gigi. Saya sendiri juga punya masalah gigi bungsu yang tumbuh tidak semestinya. Ketika saya ke klinik dekat rumah, saya dirujuk ke rumah sakit untuk menuju ke dokter bedah gigi.

Selain itu, yang paling menyenangkan di sini adalah adanya layanan gigi anak. Kamu pasti tahu sendiri kan bagaimana ribetnya bawa anak ke dokter gigi. Tidak semua klinik, dokter giginya mau menerima pasien anak yang rewel. Jika anaknya penurut sih ya mau-mau saja. Yang sudah jika sang anak rewel dan tidak mau membuka mulutnya. Bisa butuh banyak orang buat megangin. Bayangkan!

Opal Dental klinik gigi Yogyakarta ini juga memiliki 10 dokter gigi yang siap melayanimu. Jadi kamu tidak perlu takut antri terlalu lama. Apalagi sakit gigi yah, antri terlalu lama dan tak kunjung ditangani dengan menahan rasa sakit gigi ini bukan hal yang menyenangkan tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar