Tips Memilih Susu Anti Mual untuk Ibu Hamil

Mual dan muntah pada trimester pertama sangat wajar terjadi pada ibu hamil. Tidak hanya itu, beberapa ibu hamil ada juga yang kehilangan nafsu makan atau hanya mau makan makanan tertentu. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon pada ibu hamil, sehingga tubuh berusaha menyesuaikan dengan kondisi ini.

Mual dan muntah yang terus menerus atau yang disebut dengan hyperemesis gravidarum bisa membahayakan ibu hamil jika tidak tangani dengan baik. Salah satu tanda seorang mengalami hyperemesis gravidarum adalah mual terus menerus, muntah lebih dari empat kali dalam sehari, lemas, kulit pucat dan terkadang disertai dengan pingsan.

Tetapi jika kamu tidak mengalami beberapa tanda di atas, berarti hanya mengalami mual muntah biasa yang dialami ibu hamil atau yang disebut dengan morning sickness.

Mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil dapat dengan berbagai cara, seperti mengkonsumsi wedang jahe atau permen mint untuk mengurani mual. Selain itu, dapat juga dengan meminum susu anti mual dan muntah untuk bumil.

Tips Memilih Susu Anti Mual dan Muntal untuk Bumil

Ada banyak susu ibu hamil yang beredar di pasar. Beberapa merek seperti Anmum juga mengeluarkan susu ibu hamil khusus anti mual dan muntah. Susu khusus mual dan muntah bisa menjadi pilihan kamu untuk mengatasi mual muntah pada trimester awal. Tapi sebelum memilih susu anti mual untuk ibu hamil, perhatikan beberapa tips memilih susu anti mual untuk ibu hamil berikut ini.

Tinggi Asam Folat

Di awal kehamilan, asam folat menjadi salah vitamin yang sangat penting untuk dikonsumi. Asam folat memiliki peran penting untuk menghindari bayi dari cacat lahir. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak 600 mcg per harinya. Tetapi bagi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah mungkin akan sulit untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga memilih susu ibu hamil yang memiliki asam folat sangatlah penting agar terpenuihi kebutuhan asam folat tersebut.

Tinggi Protein

Selain asam folat, protein menjadi zat yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil untuk perkembangan janin terutama pada otak dan saraf janin. Kandungan protein pada susu ibu hamil juga dapat mengurangi mual muntah yang kerap kali dialami saat awal masa kehamilan.

Tinggi Vitami B6

Vitamin B6 sangat dibutuhkan bagi ibu hamil yang memiliki keluhan mual dan muntah. Karena dapat meredakan mual muntah pada trimester awal. Vitaimn B6 juga bermanfaat bagi perkembangan saraf dan otak janin. Memenuhi kebutuhan vitamin B6 pada ibu hamil juga dapat menghindarkan dari kemungkinan preeklamsia.

Pilih Rasa yang Sesuai

Ibu hamil biasanya memiliki kecenderungan pada rasa tertentu. Ada beberapa orang yang sangat suka dengan rasa asam saat hamil ada juga yang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas. Apalagi pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah akan lebih sensitif terhadap rasa. Saat memilih susu anti mual saat hamil, pilihlah rasa yang disukai, seperti rasa coklat yang biasanya disukai banyak orang. Apalagi sekarang ini banyak sekali varian rasa susu ibu hamil.

Nah itulah beberapa tips memilih susu anti mual dan muntah untuk bumil. Jika kamu merasakan belum ada perubahan setelah mengkonsumsi susu anti mual, maka segera untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk saran  gizi yang lebih sesuai. Jangan lupa untuk selalu menjalani pola hidup sehat agar ibu dan janin senantiasa dalam keadaan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar