Alur Pengiriman Paket Luar Negeri yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi kamu yang belum pernah mengirim paket ke luar negeri, pengiriman paket luar negeri terlihat begitu ribet sekali jika dibandingkan dengan pengiriman paket dalam negeri. Bagaimana tidak, banyak prosedur yang harus kamu lalui dan penuhi. Jika tidak, paket tidak akan bisa diberangkatkan.

Kira-kira apa saja sih prosedur yang harus kamu lewati saat melakukan pengiriman paket luar negeri?

Menginfokan Dokumen (Know Your Customer) KYC dari Pengirim dan Penerima

Ketika kamu menghubungi salah satu agen jasa pengiriman paket luar negeri, kamu akan diminta beberapa dokumen KYC. Apa saja itu? Biasanya berupa KTP, NPWP, dan info barang yang akan kamu kirim. Jenisnya apa, berapa beratnya dan dimensi paketnya.

Tak hanya itu, kamu juga harus menyertakan informasi penerima paketmu, seperti semisal KTP atau ID card negara tujuan pengirimanmu. Tak hanya itu, beberapa negara juga meminta melampirkan driver license dan rekening koran dari penerima barang.

Pihak Jasa Pengiriman Memberikan Info Terkait Pengiriman

Setelah kamu memberikan banyak info yang dibutuhkan, agen jasa pengiriman luar negeri tersebut akan menginfokan biaya pengiriman, pajak, asuransi, dan kadang ada biaya tambahan lainnya seperti biaya remote area untuk area tujuan yang terpencil.

Untuk beberapa pengiriman dengan jumlah besar, paket akan dipecah hingga beberapa bagian dan memiliki nomor resi sendiri-sendiri tiap bagiannya. Namun, jika paket yang kamu kirimkan hanya 1 kilo saja, biasanya jadi satu bagian saja.

Pengiriman Barang ke Pihak Agen Jasa Pengiriman

Jika sudah bertemu kesepakatan antara kamu dan agen jasa pengiriman, kamu bisa langsung mengirimkan barangmu atau dijemput oleh sang agen ekspedisi luar negeri tersebut.

Setiap jasa pengiriman luar negeri punya prosedur yang berbeda-beda. Ada yang memberikan batas minimal 10 kilogram baru dijemput, ada juga yang 1 kilogram saja bisa mendapatkan fitur dijemput.

Pihak Jasa Pengiriman Menimbang Ulang

Saat barang kamu sudah sampai di jasa pengiriman, mereka akan menimbang ulang paketmu. Mereka juga akan menginfokan ulang berapa biaya aktual yang harus kamu bayar.

Jika lebih mahal dari kesepakatan awal, mereka akan menginfokan agar kamu menambah biaya kurangnya. Namun, jika beratnya selisih sedikit, kamu bisa bernegosiasi agar agen pengiriman mengakali agar berat bisa sesuai dengan kesepatakan sebelumnya.

Pembayaran dan Pemberikan Nomor Resi

Setelah terjadi kesepakatan, kamu melakukan pembayaran sesuai nominal yang sudah diinstruksikan oleh jasa pengiriman luar negeri. Tak lama kemudian, agen akan memberikan nomor resi yang di dalamnya terdapat kode tracking yang nantinya bakal kamu gunakan untuk melacak paketmu sudah sampai mana.

Paket Sampai Tujuan

Jika tidak ada masalah dalam pengiriman, biasanya paket yang akan kamu kirim sampai ke tujuan sekitar 10-14 hari. Durasi pengiriman lebih lama jika ada masalah dengan paketmu atau memang penerbangan sedang bermasalah karena cuaca. Bisa juga karena perubahan regulasi negara tujuan karena kejadian tertentu. Namun, hal itu jarang sekali terjadi dalam sebuah pengiriman luar negeri.

Pilih Jasa Pengiriman Luar Negeri yang Tepercaya

Jika kamu bingung mengirim barang ke luar negeri pakai apa, kamu bisa menggunakan jasa ekspedisi KILO.ID. KILO.ID ini telah berpengalaman mengirim barang ke penjuru dunia.

Tak hanya itu KILO.ID juga menerima jasa kirim barang dari Australia. Jadi misal ada teman kamu di Australia mau kirim barang ke kamu yang ada di Indonesia, kamu bisa pakai jasa KILO.ID.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar