Minggu, 03 Maret 2019

Kiat Berbelanja Melalui E-commerce yang Hemat dan Aman



Belanja online sudah bukan hal yang aneh lagi untuk di zaman yang teknologinya sudah maju seperti sekarang. Sebagian besar pengguna gadget lebih suka menghabiskan waktunya mencari barang-barang kebutuhannya melalui online atau disebut sebagai e-commerce. Bahkan masyarakat Indonesia memilih berbelanja online daripada berkeliling dari toko ke toko.

Cuma dari rumah saja atau dari mana pun, kamu tidak usah lagi capek-capek mencarinya yang bahkan belum tentu kamu langsung mendapatkannya. Tentu akan menghabiskan banyak waktu, kan? Karena itu, tidak heran kalau pengguna gadget milenial sekarang memakai e-commerce untuk berbelanja.

Tapi, kadang-kadang harga murah yang ditawarkan di toko online membuat kita kalap yang akhirnya kantong jadi jebol. Yang membuat kita was-was juga adalah e-commerce yang dipakai belum tentu aman. Buat kamu yang masih bingung, siapa tahu setelah membaca tips-tipsnya di bawah ini semakin terbuka wawasanmu saat berbelanja melalui online.

1. Beli di toko terpercaya

Indonesia memiliki banyak pilihan toko online. Tapi, belum tentu semuanya bisa dipercaya, karena bisa saja abal-abal sistem pembelanjaannya. Maka itu, kamu harus menggunakan toko online terpercaya yang sudah memiliki nama dan dikenal banyak orang, misalnya seperti Tokopedia.

Dengan berbelanja di toko yang sudah terpercaya, sistem keamanannya juga pasti aman. Hal itu guna menghindari penipuan yang dilakukan oleh pihak mana pun, entah itu penjual mau pun pembeli.

2. Bandingkan harga

Sebelum membeli, pastikan kamu bandingkan harga dari e-commerce yang satu ke yang lain. Setiap toko pasti punya harga yang berbeda-beda. Jadi, usahakan kamu cermat saat memilih harga yang ditawarkannya.

Ingat, jangan buru-buru membeli produk ketika melihat harga yang ditawarkannya murah, baca dengan teliti deskripsi produk yang tertulis. Bisa saja penjual memasang foto produk baru tetapi ternyata di deskripsi produk bekas tapi dengan ilustrasi produk baru.

3. Lihat review dan rating pembeli

Setelah barang sudah sampai di tangan pembeli, mereka harus memberikan review dan rating pada toko yang sudah mereka gunakan. Guna review dan rating itu adalah menunjukan bagaimana pelayanan toko itu pada mereka dan kondisi barangnya.

Pastikan kamu secara cermat membaca dulu kedua hal itu agar bisa tahu pelayanan dan kondisi barang yang diberikan penjualnya. Semakin banyak rating bagus setidaknya lebih dari bintang 4, sudah pasti toko itu punya performa yang bagus dan bisa dipercaya.

Jangan sampai kamu pilih yang ratingnya di bawah 4 atau 3, karena bisa jadi pelayanan yang diberikannya tidak bagus. Lihat ulasannya. Kalau kata-kata yang diberikan pembeli sebelumnya memuaskan, kamu bisa memilih toko itu tanpa masalah. Hindari produk yang dipenuhi dengan ulasan negatif  agar kamu tidak kecewa saat membelinya.

4. Baca detail produk

Saat membeli barang di e-commerce, kamu tidak bisa melihat langsung kondisi produknya, sehingga kamu tidak tahu bagaimana kondisi sebenarnya. Karena itu, baca dulu detail produk yang tertera pada barangnya agar kamu bisa lebih mengenal barang yang akan kamu beli.

Walau ada beberapa toko yang punya detail yang mirip dengan toko lainnya, kembali lagi kamu harus melihat review dan rating toko itu.

5. Gunakan program promo

Setiap pembeli pasti senang kalau bisa mendapatkan promo atau diskon yang menarik dari e-commerce-nya. Maka itu, manfaatkanlah program promo yang berlangsung pada waktu tertentu yang diadakan toko online pilihan kamu.



Misalkan saja seperti Tokopedia, di bulan Maret ini mereka mengadakan promo Tap Tap Mantap Tokopedia. Program tersebut berlangsung dari tanggal 1 Maret sampai 31 Maret. Kamu yang sudah punya token untuk tap pada telurnya, kamu bisa berkesempatan menang mendapatkan hadiah yang menarik, seperti kupon diskon, toko point, bahkan kalau lebih beruntung lagi mendapatkan holiday voucher, emas 100 gr, uang tunai, sampai mobil.

Promo Maret Tokopedia tersebut bisa kamu ikuti di jam-jam tertentu di mulai dari jam 12.00 sampai 13.00 dan 17.00 sampai 18.00. Siapa tahu kamu bisa memenangkan kupon diskon untuk mendapatkan barang impian lebih murah. Atau kalau hoki, hadiah menarik lainnya bisa kamu dapatkan dengan cuma-cuma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar