Senin, 09 September 2019

Telinga sering Berdenging, Apa Penyebabnya?



Meski semua orang mungkin sudah pernah mengalami kondisi telinga berdenging, namun beberapa orang mengalami kondisi ini dalam frekuensi yang cukup sering. Kondisi telinga berdenging bisa disebabkan karena terjadinya gangguan pada telinga. Yang lebih parah, kondisi ini bisa jadi merupakan gejala bahwa kemampuan pendengaran seseorang akan menghilang.

Kondisi berdengingnya telinga disebut dengan Tinnitus. Penyebab dari Tinnitus sendiri sangat beragam, namun kondisi ini bisa menyebabkan alat bantu dengar berdenging. Di bawah ini adalah beberapa faktor penyebab berdengingnya bagian telinga.

1. Faktor kerusakan sel telinga
Meski tidak semua Tinnitus disebabkan oleh kerusakan sel telinga, namun faktor ini bisa dikatakan salah satu faktor utama penyebab telinga berdenging. Di dalam telinga, terdapat rambut halus yang akan bergerak ketika terkena tekanan oleh gelombang suara.
Ketika rambut halus bergerak, maka sel telinga akan melepaskan sinyal listrik yang akan bergerak menuju saraf pendengaran yang kemudian disalurkan menuju otak. Namun, ketika rambut bermasalah, maka hal ini menyebabkan impuls menjadi rusak dan timbullah Tinnitus.

2. Merokok
Kebiasaan merokok selain merugikan kesehatan tubuh namun juga pendengaran. Perokok memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami gangguan telinga berdenging.

3. Mendengar suara memekik keras
Suara keras yang sering masuk ke dalam saluran telinga dapat menyebabkan kerusakan pada sel rambut sensori. Padahal, sel rambut ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal suara ke dalam otak.

4. Adanya sumbatan kotoran di telinga
Kotoran pada telinga sebenarnya memiliki manfaat untuk melindungi saluran telinga dari bakteri dan menghambat pertumbuhannya di dalam telinga. namun, kotoran yang dibiarkan menumpuk dapat menyebabkan Tinnitus dan mengiritasi gendang telinga.

Untuk mengatasi masalah pada telinga berdenging, Anda juga dapat dibantu oleh alat bantu dengar modern. Alat bantu dengar ini akan sangat membantu memperbaiki masalah pendengaran seperti tinnitus. Untuk mendapatkan alat bantu juga sangat mudah karena telah tersedia di pusat alat bantu dengar Melawai.

Pusatalatbantudengarmelawai.com menghadirkan beragam jenis alat bantu dengar yang disesuaikan dengan berbagai faktor penyebab masalah pada pendengaran. Anda cukup mengunjungi outlet Melawai yang tersebar di 13 kota besar seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar