Pentingnya Domain .COM untuk Memulai Bisnis

Apakah kamu pernah mengamai bahwa kebanyakan website yang ada saat ini adalah berakhiran .COM? Sebut saja Facebook, Google, Gmail, Instagram, dan lainnya; kebanyakan mereka memakai .COM. Bahkan untuk e-commerce dan marketplace, semuanya pakai .COM.


Sebenarnya alasannya sederhana, karena kebanyakan orang awam internet, maka mencari apapun ujung-ujungnya dicari domain yang .COM-nya. Kecuali tidak ada .COM-nya, mereka lanjut googling untuk menemukan ekstensi apa yang dipakai.

Kelebihan Domain .COM untuk Bisnis

Ada banyak kelebihan domain .COM dibandingkan domain lainnya. Salah satunya yang sudah saya sebutkan sebelumnya yaitu lebih mudah diingat. Namun, tidak hanya sebatas itu, ada beberapa kelebihan domain .Com dibandingkan domain lainnya.

Kelebihan lain dari domain .COM ini adalah harga perpanjangannya cenderung lebih murah dibandingkan dengan domain lainnya. Kamu bisa mengecek sendiri di penjual domain yang ada, domain .COM memiliki harga yang stabil. Antara pembelian tahun pertama dan perpanjangan tidak beda jauh.

Untuk kamu yang memang ingin membangun brand sebuah bisnis, domain .COM ini sangat cocok. Hampir semua nama populer sudah terdaftar di domain .COM. Jadi seandainya kamu bisa mendapatkan domain .COM dari brand kamu, itu artinya nama brand kamu adalah nama yang unik. Jika kamu bisa mendapatkan .COM-nya, kamu tidak akan kesulitan mendapatkan ekstensi domain lainnya, seperti .NET, .ID, atau .CO.ID.

Mencari Ide Nama Domain .COM

Memilih nama domain ini gampang-gampang susah. Karena nama domain ini sangat berarti untuk kelangsungan bisnismu, maka kamu harus hati-hati dalam memilih nama. Seperti halnya memilih nama bayi untuk anakmu, hanya saja tidak sekaku itu. Nama domain tetap bisa diganti, namun mengganti domain itu artinya kamu harus mengeluarkan biaya lagi untuk mengubah identitas alamat website yang tercetak di kartu nama atau media promosi produkmu lainnya. Untuk itu benar-benar pikirkanlah yang matang.

Cara mencari nama domain yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah mereka membuat daftar nama yang cukup banyak untuk dikombinasikan. Misal kamu memiliki sebuah usaha butik, berikut ini adalah contoh mencari ide nama domain.

Kumpulan nama atau kata yang berkaitan dengan butik, misal: butik, fashion, shop, baju, dan sebagainya. Gabungkan dengan nama yang kamu sukai, misalkan namamu adalah Clara. Maka ide nama domain yang bisa muncul adalah ClaraButik, ClaraFashion, ClaraShop, BajuClara, dan sebagainya. Nama bisa diambil dari namamu, nama anakmu, nama marga, dan sebagainya. Bagaimana? Mudah bukan? Sayangnya, tidak mudah juga.

Setelah setidaknya kamu sudah mengumpulkan 20 daftar nama yang berkaitan dengan bisnismu, maka kamu bisa cek satu per satu apakah nama domain tersebut masih tersedia dan bisa dibeli atau tidak. Mau cek domain? Di sini saja di halaman cek domain DomaiNesia.

Setelah itu, catat domain mana saja yang masih tersedia. Lalu pertimbangan nama mana yang akan kamu ambil. Kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan pasangan, rekan bisnis, atau orang tua. Mungkin saja mereka punya masukan nama domain yang lebih bagus. Karena saya yakin, ide itu kadang ada di otak orang lain.

Cari Promo Domain .COM untuk Bisnis

Jika kamu sudah cocok dengan salah satu domain, langkah selanjutnya adalah tinggal cari promo domain .COM untuk bisnismu. Penyedia domain yang sering ada promo dan diskon adalah DomaiNesia. Di sana kamu bisa mendapatkan promo domain maupun promo bundling dengan hostingnya sekaligus.

Saya yakin, untuk memulai bisnis, kamu sudah mengeluarkan banyak biaya. Untuk itu, mencari promo domain dan hosting ini perlu dilakukan untuk menghemat pengeluaran.

Bagaimana, sudah tahu kan kamu harus ngapain setelah ini?

Memulai Bisnis Online

Setelah kamu membeli domain dan hosting untuk bisnismu, kamu tinggal mengisi website-mu dengan konten yang mempromosikan bisnismu. Untuk membuat website sendiri, kamu bisa mencoba menggunakan WordPress yang multifungsi. Kamu bisa belajar mengkonfigurasinya sendiri atau meminta bantuan orang lain. Kamu bisa menggunakan jasa bikin website toko online yang sudah tersebar di internet.

Setelah website sudah jadi, selanjutnya tinggal mempromosikan website-mu tersebut melalui media sosial, iklan, atau menggunakan jasa SEO. Ternyata panjang sekali yah prosesnya? Ya hampir sama seperti kamu buka outlet atau toko di kehidupan nyata. Kamu tetap harus mempromosikan ke orang lain walaupun toko kamu ada di pinggir jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar