Alasan Mengapa Kamu Butuh Email Lebih dari Satu

Zaman sekarang rasanya punya satu email adalah hal yang jarang ditemui. Pasalnya, punya beberapa email berfungsi untuk memisahkan beberapa urusan. Urusan pribadi, sekolah, kerja, atau hanya sekadar urusan main game. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa butuh email lebih dari satu.

Untuk Akun Alter Media Sosial

Dari zaman awal kenal internet, yang namanya akun alter ini pasti ada. Biasanya sih cewek suka banget bikin akun alter. Satu akun untuk keluarga, satu akun untuk teman, satu akun lagi untuk kegiatan rahasia. Hehe. Saya masih inget dulu punya teman Facebook sampai punya beberapa akun Facebook. Akun part 1, part 2, hingga tidak tahu part berapa lagi. Tahu sendiri kan Facebook punya batasan teman.

Tapi, ga hanya cewek juga sih. Cowok juga melakukan hal yang sama. Akun alter biasanya digunakan untuk stalkerin seseorang. Biasanya akun alter ini digunakan untuk kepentingan media sosial.

Untuk Urusan yang Pendidikan dan Kerja

Beberapa hal memang mewajibkan kita punya email khusus. Misal nih jika kamu daftar ke sebuah universitas, pasti kamu mendapatkan hak email dengan domain universitas tersebut.

Tak hanya universitas, ketika kamu bekerja pun biasanya kamu mendapatkan email dengan domain milik perusahaan. Ini adalah hal yang wajar demi profesionalisme.

Untuk Hal Iseng

Alasan yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Contohnya saja jika kamu membuat akun game, biasanya kamu juga akan membuat email khusus untuk akun game tersebut agar tidak tercampur dengan akun email utama.

Kelebihannya memisahkan email khusus untuk game adalah jika kamu menjual akun game tersebut lebih mudah dan tidak berisiko. Jangan seperti saya yang menautkan akun email utama ke game. Jadi ketika saya bosan, saya tidak bisa menjual akun game tersebut karena tertaut dengan email utama. Bisa bahaya jika diberikan ke orang lain.

Selain game, biasanya akun email serep ini digunakan untuk mengetes mendaftar akun di sebuah website yang kamu masih ragu dengan kredibilitasnya. Tahu sendiri 'kan kadang emang ada web scam yang suka banget kirim-kirim newsletter dan tidak bisa di-unsubscribe. Kalau itu pakai email utama, akan sangat mengganggu.

Untuk Dijual Lagi

Memang adakah yang bikin akun email lalu dijual lagi? Ada dong. Bahkan ada yang jual akun Facebook loh. Dan dulunya saya tidak paham mengapa di forum-forum pada rame tentang bikin akun Facebook sebanyak-banyaknya. Ternyata baru tahu digunakan untuk akun manager iklan di Facebook.

Mungkin orang-orang itu sangat visioner yah. Hehe. Selain itu, dulu juga akun Facebook yang banyak digunakan sebagai jasa like. Kalau saat ini sih orang sudah tidak melihat lagi like Facebook fanpage lagi. Bahkan jumlah like-nya pun kesannya disembunyikan atau ditaruh di tempat yang susah terlihat. Sangat berbeda dengan dulu (2011-2015) jumlah like diperhatikan.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu butuh email lebih dari satu. Sebenarnya masih banyak lagi alasan lainnya yang tentu saja kamu lebih tahu tentang kebutuhanmu.

2 komentar:

  1. Aku juga punya akun email lebih dari satu, tapi semuanya pakai Gmail. Memang biasanya bikin akun email lebih dari satu untuk bikin akun Facebook biar tidak dikenal orang dekat, biar lebih bebas.🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, ternyata hampir semua orang kayak gitu yah sekarang
      punya beberapa gmail

      Hapus